Pages

Wednesday, November 11, 2009

Be or Not To Be

Being married or not at all!

Sebuah kata-kata klise, life is all about choices, tidak pernah ada matinya. Teman saya, Flo, punya cara lebih oke untuk mendeskripsikan betapa hebatnya kata-kata itu: JUARRRAA!.

Siang hari yang lumayan terik tadi, saya berjumpa dengan Devy, seorang sohib yang sempat berbarengan sejak saya masih lugu dan culun di awal-awal kuliah (well, sekarang si culun ini masih lugu sih, tapi sudah bisa menerima realita hidup). Devy dan saya punya satu wish yang sampai saya menyandang gelar S.Si dalam beberapa hari ini, masih belum kesampaian. Kami sangat ingin bertandang ke negeri Cina. Kenapa? Karena kami terhipnotis dengan bahasanya.

Terlepas dari semua huruf kanjinya yang seperti cacing, dan logat yang seperti marah-marah, bahasa Cina merupakan sebuah rangkuman budaya dan sejarah yang dikemas dengan bumbu-bumbu sastra. Anyway, pembicaraan pun mulai bergulir kearah yang lebih serius. Biasalah, baru lulus jadi mahasiswa, jadi pembicaraannya seputar dunia kerja dan info lowongan kerja. Tiba-tiba si Devy membuka topik baru, "Lu tau gak sih, si anu (hm, saya lupa namanya siapa, saya juga gak kenal sebenernya) kan mau married?", ujar Devy sangat bersemangat.

Saya yang memang dasarnya tidak kenal sama si anu itu, dan masih penasaran dengan es batu di teh manis yang saya seruput dari awal pembicaraan, hanya menggeleng kecil. Si Devy masih belum mau pindah topik, "Gile ya, gw jadi takuut banget mikirin married des. Lu tau ga sih, 8 dari 10 orang yang married itu selingkuh. Gw rasa gw gak akan bisa maapin suami gw nanti kalo dia sampe selingkuh, bisa ill-fill parah gw nanti deh", cerocos si Devy tambah berapi-api.

Saya yang masiih sembari mencoba mengulum es batu daritadi, mendadak bingung. "Hah? Itu penelitian hipotesisnya apa, valid ga tuh? pake berapa variable? Kuanti kan lo? Ayo jelasin ke gw deh", jawab saya mulai ngawur, maklum aura-aura dikejar-kejar sama skripsi masih berasa dihati ini,walaupun sebenarnya saya kualitatif yang sangat kritis. Devy mulai sewot dan mencoba membuka mata sipitnya lebar-lebar, maksudnya mau melotot tapi tidak begitu sukses hasilnya, hihi.

"Idih, lu kok jadi paranoid sih Dev, jalani saja hidup ini dulu. Pelan-pelan aja, dan memang pada akhirnya kita mesti pasrah sama Tuhan juga sih", ucap saya berusaha tetap kalem. "Lagian itu hasil riset darimana sih? Orang selingkuh pasti ada sebab Dev. Semua ada sebabnya, jadi ga bisa di generalisir gitu dong. Makanya lu jadi parno sendiri kalo gitu", lanjut saya.

"Iya, gw ngerti Des, tapi itu yaa gw sih belum siap deh disuruh nikah buru-buru. Kalo calon suami gw udah mapan sih ga masalah deh, kalo masih kayak anak-anak, idiih", Devy kembali gemes.

"Nah, sekarang gw tanya deh, yang nyuruh elu buru-buru nikah siapa emangnyaa coba? Ga ada kan?? Deuiilee, calonnya aja dulu Deev, huahahhaa", seloroh saya antara geli dan kesel.

Si Devy akhirnya tersadar, "Iya ya, gw kok bego banget sih, calonnya aja dulu yaa Des, baru lu mikir nikah. Calonnya gak ada sih mau nikah sama siapa coba?".

Nah, ini dia masalah yang sampe sekarang kalau saya ditanya saya masih bungkam seribu bahasa, soal pernikahan dan calon-calon. Saya belum berpengalaman sih dengan pernikahan, kalau pun ada biasanya jadi pager ayu atau penerima tamu. Akhirnya dengan nada menyesal, saya menyarankan Devy untuk berkonsultasi dengan sohib lain yang sudah menikah dan punya satu momongan.

Sepertinya si Devy mulai capek dan menerima saran saya dengan senang hati.

No comments:

Post a Comment