Pages

Friday, September 25, 2009

The Writer

Yes I'm a writer. Well, hingga saat ini hal-hal yang saya kerjakan adalah tak jauh dari menulis dua halaman rubrik tentang pekerjaan, berita lifestyle (yang bukan tak lain dan tak bukan adalah acara launching produk, serta konser-konser musik), rubrik zodiac ( ini untuk sementara, kebetulan mbak editor bahasa lagi sibuk belakangan), sedikit teaser dan daftar harga barang di rubrik barang-barang pilihan redaksi dan masih banyak lagi.

Belakangan ini saya teringat dengan jaman SD dulu, ketika rambut ini masih panjang dan Ibunda sering mengepangnya menjadi dua. Dari semua pelajaran yang diajarkan, saya hanya tertarik dengan tiga diantaranya, yaitu bahasa Indonesia (lebih ke mengarang), bahasa inggris, dan IPS. Bukannya saya benci matematika, yah pelajaran yang satu ini selalu membuat saya tertantang, tapi sensasinya berbeda ketika saya mengerjakan semua tugas mengarang.

Entah saya ini terlalu detail atau memang daya imaji yang kadang berlebihan, tapi saya paling suka diberi kebebasan bertutur baik dengan tulisan dan perkataan hahaha. Ingatkah Anda ketika diberi tugas mengarang dalam pelajaran bahasa, kata apa yang selalu menjadi awalan karangan apik, satu lembar folio itu? Kebanyakan orang akan menulis seperti ini:

"Pada suatu hari…" atau jika itu bahasa inggris maka akan diterjemahkan menjadi "Once upon a time…."

Klise dan monoton. Tidak berlaku bagi saya, selalu mengindari kalimat-kalimat itu. Mungkin bagi Anda yang gemar menulis juga, pasti memiliki pengalaman yang sama dengan saya. Saya mendadak rindu dengan romantisme ulangan umum jaman masih SD dulu. Dimana para siswa-siswi akan diberikan tugas mengarang di akhir soal, yang diwakili dengan 4 gambar yang berkesinambungan. Saya terus terang suka dengan soal ini. Jawabannya terserah. Terserah masing-masing orang akan berimaji seperti apa dan akan menulis apa. Saya suka membaca hasil akhir teman-teman sekelas dan membandingkan dengan karya saya. Hhhh…jaman sd…


 

No comments:

Post a Comment